Tips Memilih Furniture Yang Baik Untuk Interior Rumah

Furniture merupakan elemen wajib yang harus ada dalam setiap desain interior rumah, baik untuk ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan dan semua ruang yang ada dalam desain interior rumah. Keberadaan furniture dalam desain interior rumah selain karena untuk memenuhi kebutuhan juga untuk menciptakan kesan dan keindahan dalam setiap ruangan.
Saat ini memang telah banyak furniture yang disediakan oleh banyak toko yang mempermudah seseorang dalam mencari dan mendapatkan furniture yang sesuai dengan desain interior rumahnya. Namun, tidak sedikit orang yang justru menjadi bingung dengan banyaknya pilihan, ya bingung dalam memilih.
Karenanya, ada beberapa hal yang perlu Anda cermati dan perhatikan sebelum Anda memilih dan membeli furniture untuk desain interior rumah Anda. Dengan memperhatikan hal-hal berikut, di samping furniture yang Anda pilih akan sesuai dengan kebutuhan Anda juga diharapkan sesuai dengan anggaran yang telah Anda tetapkan.




1. Menyesuaikan Kebutuhan

Ketika Anda akan membeli dan memilih furniture, yakinkan bahwa furniture tersebut benar-benar sangat Anda butuhkan dalam menunjang aktivitas Anda di rumah. Karenanya, ada baiknya sebelum Anda membeli dan memilih furniture untuk desain interior rumah Anda cermati dan surveylah ruangan dimana Anda akan meletakkan furniture tersebut.
Anda harus memperhatikan ruangan tersebut dari beberapa sisi, antara lain luas ruangan, bentuk ruangan, warna ruangan dan hal-hal lain yang terkait dengan ruangan yang dapat membantu Anda dalam memilih dan membeli furniture untuk desain interior rumah Anda.

Selain itu, Anda pun harus memperhatikan tema yang akan Anda usung dalam ruangan di mana Anda akan menempatkan furniture tersebut. Atau bahkan tema yang diusung dalam desain interior rumah Anda. Hal ini tentu saja bertujuan agar furniture yang Anda pilih dapat mendukung dan memperkuat tema tersebut.
Dalam hal ini juga Anda harus melihat luas ruangan yang akan Anda pasangi furniture tersebut sehingga furniture yang Anda aplikasikan dalam sebuah ruangan benar-benar sesuai dengan ukuran luas ruangan Anda atau proporsional.


2. Antara Loose Furniture dan Built Furniture

Sebagaimana yang sudah diketahui, bahwa furniture terbagi menjadi 2, yaitu Loose Furniture dan Bulit Furniture. Mana yang akan Anda aplikasikan dalam desain interior rumah Anda? Untuk memutuskannya, mau tidak mau Anda harus memahami karakteristik dari dua jenis furniture tersebut.
Loose Furniture, merupakan furniture yang mandiri dan mudah untuk dipindahkan. Karakter dari loose furniture ini memungkinkan Anda untuk menggeser bahkan menata ulang atau memindahkan furniture untuk menghindari kebosanan pada lay out desain interior rumah Anda.

Berbeda dengan loose furniture, built furniture merupakan furniture yang tertanam dan menyesuaikan bentuk ruangan serta mempunyai sifat pemasangan yang terinstal secara permanen. Furniture jenis ini tentu saja tidak mudah bahkan tidak mungkin untuk dipidah-pindah letak dan susunannya.
Meskipun demikian, banyak keuntungan yang dimiliki oleh furniture jenis built furniture ini. Keuntungan yang harus Anda pertimbangkan tersebut, antara lain hemat tempat, multifungsi, kesan modern dan kesan personal.

Built furniture dapat menghemat tempat karena penempatan dan pemasangannya yang tidak membutuhkan space yang khusus karena dipasang menyatu atau masuk bahkan tertanam dalam dinding. Hal tersebut tentu saja dapat menyisakan space yang lain yang dapat dimanfaatkan untuk hal yang lain.
Di samping itu built furniture biasanya mempunyai multifungsi sehingga Anda tidak perlu menambahkan furniture yang lain karena fungsi dari furniture tersebut telah ada dalam bulit furniture. Biasanya fungsi lain yang menyertai fungsi built furniture adalah sebagai storage atau tempat penyimpanan.
Hal lain yang bisa menjadi pertimbangan Anda memilih built furniture adalah kesan modern yang dapat diciptakan oleh built furniture dalam desain interior rumah. Selain itu built furniture mempunyai desain yang bersifat personal, furniture tersebut selalu menyesuaikan dengan bentuk, luas dan fungsi dari sebuah ruangan.


3. Lakukan Riset sederhana

Ini juga dapat membantu Anda dalam mencari furniture desain interior rumah Anda. Ada dapat membandingkan toko yang satu dengan toko yang lain. Kalau tidak demikian Anda juga dapat menggunakan internet untuk melakukan riset sederhana untuk kepentingan pemilihan dan pembelian furniture desain interior rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

4. Budget atau Anggaran

Sebenarnya ini hal pertama kali yang harus Anda pikirkan. Karena Anda tentu tidak akan dapat membeli furnitre apapun jika budget Anda tidak ada untuk furniture tersebut. Karenanya, pertimbangkan betul budget yang Anda miliki, sehingga furniture yang Anda beli benar-benar furniture yang Anda butuhkan dan sesuai dengan budget yang Anda sediakan.
Tips Memilih Furniture Yang Baik Untuk Interior Rumah Tips Memilih Furniture Yang Baik Untuk Interior Rumah Reviewed by ebes brc on 13.14 Rating: 5

Tidak ada komentar: